Apa Itu IPAL dan Apa Manfaatnya

WAJAHBATAM.ID – BP | Instalasi Pengolahan Air Limbah  (IPAL) merupakan sarana untuk mengolah limbah yang berbentuk cair misalnya limbah dari WC, dari air cuci ataupun dari kamar mandi. IPAL yang lagi gencarnya yang dibangun BP Batam saat ini khususnya dalam sebuah kawasan permukiman padat penduduk dan lingkungan idustri adalah ujud dalam memperhatikan kesehatan masyarakat dalam jangka panjang karena dalam kehidupan sehari-hari sangat besar folume dan keadaan air yang merupakan hasil pembuangan limbah manusia dan fabrikan bersanitasi tidak layak.

Sistem Pengelolaan IPAL

Komponen IPAL yang saat ini diprioritaskan ada di 5 titik wilayah Kecamatan Batam Kota yang terdiri atas unit pengolah limbah, disamping akan adanya sambungan rumah tangga dan industri, terdapat juga jaringan perpipaan yaitu bak kontrol dan juga lubang perawatan yang berada di Bagam Centre, di depan zkongkow (Anggrek Mas), Simpang Jam (dekat saluran besar), Kawasan Industri Tunas, dan di depan Perumahan Mediterania.

Bahaya Limbah Dari WC

Limbah yang berasal dari WC memang sangat berbahaya karena mengandung banyak bakteri. Selain itu limbah WC juga bisa menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. 

Air limbah yang asalnya WC didalamnya ada banyak kandungan bakteri E.Colli yang bisa membuat seseorang terserang penyakit perut. Misalnnya saja seperti penyakit typhus, diare, kolera. Solusi mengatasi permasalahan tersebut permukiman padat dengan sanitasi yang tidak layak maka harus menjalankan sistem IPAL Komunal,  hal itu untuk menghindari limbah WC dan limbah lain yang berasal dari rumah tangga untuk tidak terserap atau meresap kedalam tanah yang berakibat fatal bagi air baku yang sangat terbatas di Kota Batam

Air limbah WC, limbah cucian atau limbah industri yang dibuang sembarangan dapat berubah menjadi sarang nyamuk DB, bisa jadi sarang lalat dan lain sebagainya.

Limbah Kamar Mandi

Pada umumnya, seseorang membuang limbah sisa dari sabun cucian, limbah dari dapur serta limbah dari kamar mandi langsung pada selokan yang terdapat di depan rumah, tanpa harus diolah terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sungai—yang menjadi tempat berkumpulnya selokan yang tercemar. Kemudian warnanya berubah menjadi coklat serta akan mengeluarkan bau busuk. Tak hanya dapat menyebabkan lingkungan jadi beracun, zat-zat polutan yang ada pada limbah juga dapat menjadi sumber penyakit. Misalnya saja seperti kolera, disentri, dan berbagai macam penyakit lain. Jika di lingkungan anda banyak terdapat limbah tersebut, maka IPAL Komunal adalah solusi yang tepat untuk pengolahannya.

Manfaat IPAL

Adanya IPAL komunal ini ternyata banyak memiliki manfaat, diantaranya adalah : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  masyarakat makin baik. Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri nantinya bisa di gunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Supaya air limbah yang akan meresap ke tanah tidak tercemar lagi. Supaya Biota-biota yang ada di sungai tidak mati karena banyaknya bahan kimia yang ada pada limbah tersebut tidak lagi mencemarkan lingkungan.

Disadur dari sumber: Erwan (STFL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Hari Ini Klub Bolavoli Bright Batam Tectona Gelar Kejuaraan Voli

Pemadaman Listrik Sementara Untuk Perbaikan Gardu Distribusi PLN