Batam

Majelis Tinggi IKSB Batam Tegaskan Tidak Ada Hubungan dengan PKSB Kota Batam

×

Majelis Tinggi IKSB Batam Tegaskan Tidak Ada Hubungan dengan PKSB Kota Batam

Sebarkan artikel ini

wajahbatam, 10 Juli 2024 – Majelis Tinggi Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Batam Arwin, menyampaikan klarifikasi terkait hubungan antara IKSB dan Perkumpulan Kekerabatan Sumatera Barat Kota Batam (PKSBKB). Dalam pernyataan resmi, mereka menegaskan bahwa IKSB dan PKSB adalah dua entitas yang berbeda dan tidak memiliki keterkaitan hukum.

Menurut Majelis Tinggi IKSB, PKSBKB didirikan oleh tujuh orang tanpa melalui musyawarah dengan warga Sumatera Barat di Batam. Mereka menjelaskan bahwa pendirian PKSBKB ini didasarkan pada interpretasi keliru terhadap aturan penggunaan nama “Ikatan” dalam paguyuban.

IKSB, yang telah mengantongi legalitas dari Dirjen AHU Kemenkumham, merupakan paguyuban warga Batam asal Sumatera Barat yang menekankan asas kekeluargaan dan didirikan oleh tokoh-tokoh Sumbar berintegritas. Tujuan utama IKSB adalah mempersatukan warga perantau Sumbar dan mengembangkan seni serta budaya daerah di perantauan.

Sementara itu, PKSBKB, meskipun sah secara hukum, didirikan tanpa musyawarah dengan paguyuban IKSB dan tidak memiliki hubungan dengan Yayasan Pagaruyuang Batam, yang mengelola aset tanah untuk warga Sumbar di Batam.

Majelis Tinggi IKSB Batam juga mengimbau warga Batam asal Sumbar untuk memahami bahwa Yayasan Pagaruyung Batam hanya memiliki keterikatan moril dengan IKSB yang memiliki legalitas sah. Mereka berharap klarifikasi ini dapat menjadi pedoman bagi seluruh warga Batam asal Sumbar.

Dalam pernyataannya kepada media ini, Arwin sebagai Majelis Tinggi IKSB Batam juga meminta maaf atas ketidaksempurnaan informasi ini dan berharap koreksi yang bersifat konstruktif demi kemajuan IKSB di masa depan.

Diketahui bahwa informasi ini perlu diketahui warga Minang di Batam karena banyaknya tokoh masyarakat Minang yang belum memahami keberadaan IKSB Batam yang telah dikendalikan diluar dari AD ADRT dan Tujuan Pendirian IKSB ini, sehingga pengambilan nama IKSB ke notaris dilakukan atas nama Ketua Umum terpilih dan bukan inisiatif atas nama pribadi. (S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *