NasionalPendidikan

BGP Kepri Ikuti Internalisasi Panduan Implementasi Model Kompetensi Pendidik PAUD di Jakarta

×

BGP Kepri Ikuti Internalisasi Panduan Implementasi Model Kompetensi Pendidik PAUD di Jakarta

Sebarkan artikel ini

wajahbatam.co.id – Jakarta | Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau turut berpartisipasi dalam kegiatan Internalisasi Panduan Operasional Implementasi Model Kompetensi Pendidik PAUD yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai Selasa, 2 Juli hingga Kamis, 4 Juli 2024 di Millenium Hotel Sirih, Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Guru PAUD dan Dikmas Kemendikbud dengan alamat di Jalan H.Fachrudin No.3, Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh 33 perwakilan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) dan Balai Guru Penggerak (BGP) dari seluruh Indonesia, termasuk tiga perwakilan dari Kepri yang diwakili Kepala BGP dan Staf Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd., Maryana Yunani, S.Pd.,M.M. dan Pendidik PAUD TK Pembina II Batam Rina Silfya, M.Pd. Total peserta yang hadir mencapai 99 orang, terdiri dari kepala BBGP, BGP, dan staf yang telah mendapatkan pelatihan Implementasi Model Kompetensi Guru dan Pendidik PAUD.

Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed., selaku Direktur Guru PAUD, secara resmi membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pembaruan model kompetensi guru guna mendukung kebijakan Merdeka Belajar. “Peran guru sangat penting dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan PAUD. Kami berharap BGP dapat melaksanakan pelatihan untuk memperkuat pendidik PAUD,” ujarnya. Beliau juga menambahkan bahwa model kompetensi guru ini dikembangkan dengan mempertimbangkan standar internasional sehingga guru-guru Indonesia dapat bersaing secara global.

Acara ini bertujuan untuk mendalami panduan operasional implementasi model kompetensi pendidik PAUD. Dr. Santi Ambarrukmi menyampaikan bahwa pada tahun 2027, program wajib belajar 13 tahun akan berjalan, menjadikan PAUD bagian integral dari program tersebut. “Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang, terutama pondasi bagi para pendidik PAUD,” tambahnya.

Peserta kegiatan mendapatkan materi dari praktisi PAUD, akademisi bidang PAUD, dan pemangku jabatan fungsional di lingkungan Kemendikbudristek. Materi yang disampaikan mencakup pengembangan lingkungan fisik yang kaya teks untuk menumbuhkan minat baca anak, serta praktik baik ‘membaca nyaring’ untuk memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan dan membentuk karakter anak.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan profesional tenaga pendidik. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat terus meningkat dan mampu bersaing secara global.

Acara ditutup oleh Bapak Gogot Suharwoto, Ph.D., PTP Ahli Utama, yang menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif seluruh peserta dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Oleh: Rina Silfya, M.Pd.

(Pendidik PAUD TK Pembina II Batam -Kepri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *