Ribuan Slop Rokok Non Cukai Tujuan Sei Pakning Saat Lebaran Berhasil Digagalkan BC Pos ASDP Punggur

0

Batam – Tepat moment Hari Raya Lebaran Rabu (10/04/2024) petugas Pos Bea Cukai Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam berhasil menggagalkan upaya penyeludup rokok non pita cukai dengan modus penyeberangan truk dengan kapal ASDP.

Truk yang membawa ribuan slop rokok non cukai berbagai merek dari Batam selanjutnya menuju Riau Daratan tepatnya Pelabuhan Selari Sei Pakning Provinsi Riau berhasil digagalkan, karena kejelian pihak Bea Cukai.

Kisah penangkapan ini diperkirakan dengan aksi sopir truk pura-pura tak ada masalah dan coba mengelabui petugas Bea Cukai dan beberapa petugas dari instansi lain di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur yang jaraknya sekira 20 kilometer dari pusat Kota Batam itu.

Sebab seolah-olah tak ada yang salah dengan kegiatannya, sang supir santai saja mengemudikan truknya masuk ke ruang cargo Kapal KMP Citra Mandala Abadi yang saban hari Rabu terjadwal rutin dari Punggur Batam menuju Pelabuhan Selari Sei Pakning Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau.

Peristiwa terjadi sekitar pukul pukul 19.00 WIB dan rencananya beberapa menit lagi akan lepas tali dari Pelabuhan ASDP Punggur Batam itu menuju destinasinya ke arah Pelabuhan Selari Sungai Pakning Riau.

Kepala Bea Cukai Pos ASDP Punggur Arthur membenarkan peristiwa itu.Dan menjelaskan ke media bahwa awalnya ada kecurigaan terhadap fisik truk dengan muatan yang dibawa truk tersebut.

Oleh sebab itu didatangi oleh petugas Bea Cukai yang malam bertugas.Benar.Setelah di cek petugas ternyata di dalam truk yang tertutup itu ada ribuan slop rokok produksi Batam yang tak memiliki pita cukai alias belum bayar pajak rokok atau cukai rokok ke negara.

Dengan serta merta petugas Bea Cukai Pos ASDP PelabuhanTelaga Punggur Batam itu memeriksa dan melakukan upaya sesuai peraturan.

Barang bukti kenderaan pengangkut atau truk, ribuan slop rokok hingga supir akhirnya kini diamankan dalam pengawasan Bea Cukai Batam.

Karena masih libur lebaran perkembangan peristiwa penggagalan aksi penyeludupan rokok ini masih akan terus didalami media KepriNow.Sebab masih belum mendapat informasi yang akurat dari pihak berwenang memberi keterangan pers dari Kantor Layanan Bea Cukai Batam. (Robert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *