Batam

Pembangunan Rumah Gadang Minang (RGM) Akan Segera Dimulai

×

Pembangunan Rumah Gadang Minang (RGM) Akan Segera Dimulai

Sebarkan artikel ini
Denah lokasi Yayasan Pagaruyung Batam

Kota Batam – Yayasan Pagaruyung Batam pada tahun 2023 ini segera merealisasikan pembangunan Rumah Gadang Minang (RGM). Bangunan berciri khas Minang Kabau dengan atap ‘Bagonjong’ yang terletak di kawasan Baloi Kecamatan Batam Kota yang sejak tahun 2001 tertunda pembangunannya kini dalam proses pengerjaannya yang telah berjalan dari pembebasan lahan dari pemukiman yang menempati lahan tersebut (05/9).

“Pembangunan RGC nantinya akan difungsikan sebagai wadah Budaya dan Ekonomi juga akan menjadi sebagai salah satu icon kepariwisataan kota Batam”, ujar Ketua Tim Pembangunan RGC Suharsad.

Lanjutnya, pada pembangunan gedung budaya ini Yayasan Pagaruyung Batam telah menganggarkan agggaran yang bersumber dari Kemitraan dan Anggaran Masyarakat Minang yang dikumpulkan secara berkala sampai terealisasinya pembangunan yang diperkirakan rampung pertengahan tahun 2025 (1,5 tahun kerja).

Kendati pembangunan RGM diprediksi selama 1,5 tahun, Suharsad meyakinkan bahwa jika tanpa ada halangan berarti dalam pembangunan Rumah Gadang Minang ini, maka akan selesai tepat waktu dan dengan hasil yang maksimal.

Selanjutnya Suharsad mengatakan bahwa status RGM ini adalah sebagai milik seluruh masyarakat minang tanpa membedakan apapun organisasinya seperti IKSB, Gema Minang, Bundo Kanduang, Kelompok-kelompok dan Ikatan-ikatan kedaerahan hingga komunitas-komunitas minang yang ada di Batam khususnya. “Jadi lahan milik Yayasan Pagaruyung Batam (YPB) tersebut dikelola oleh Yayasan yang diperuntukkan untuk kepentingan seluruh masyarakat Minang di Kota Batam. Dan kami memohon dukungan kepada seluruh masyarakat Minang dengan tanpa menonjolkan salah satu organisasi minang apapun”, ungkapnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Yayasan Pagaruyung Batam H. Davisco saat dijumpai media WB diseputaran Lubuk Baja Nagoya, “Yayasan akan selalu mengutamakan kepentingan masyarakat disamping kepentingan kelompok-kelompok, karena kita ingin masyarakat dan golongan manapun tidak terkotak-kotak, oleh sebab itulah tujuan pendirian RGM ini di ujudkan agar ada tempat untuk seluruh komponen masyarakat Minang dapat berkumpul tanpa membedakan latar belakang organisasinya,. Pembangunan RGC ini segera dimulai akhir tahun 2023 ini. InsyaAllah selesai tepat waktu pembangunannya,” ujar H. Davisco menegaskan. (as)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *