Hemat Air, Hindari Pemakaian Air Tidak Wajar

Wajahbatam.co.id | Batam – Roni, seorang penghuni di salah satu perumahan di Batam Center mengeluhkan tentang tagihan air di rumahnya membengkak. Dia menjelaskan tagihan nya tersebut lumayan besar, lebih besar 100% dari tagihan biasanya.

“Biasa saya membayar 80 sampai 100 ribuan perbulan, tapi bulan sekarang malah melonjak dua kali lipat dari biasanya,” ucap Roni.

Hal ini membuat dia pusing mengingat kondisi keuangan nya sedang tidak baik baik saja. Belum dapat pekerjaan menjadi alasan nya.

Awak media sempat mendatangi rumah nya yang berukuran 36/72. Rumah yang lumayan besar dan tertata dengan baik menurut Wartawan Wajah Batam.

Sebelum memasuki rumah. Terlihat sebuah tandon air yang terpasang di atas teras depan rumahnya.

Apakah air ini ada isinya bang? tanya awak media kepada Roni.

“Iya tandon air ini di isi bang. Jadi kami memanfaatkan tandon ini untuk menyimpan air.” Ujarnya menjelaskan.

Setelah lebih kurang 15 menit bercerita mengenai tagihan air yang membengkak, pak Bone salah satu tetangganya datang menghampiri dan ikut mendengarkan cerita Roni ini.

Terlihat pak Bone ini manganguk – angguk seolah mengiyakan apa yang diutarakan oleh Roni ini.

Tak berselang lama pak Bone ini menimpa apa yang diucapkan oleh Roni.

“Maaf pak Roni, bukan saya mau ikut campur, tapi saya sering melihat dalam bulan kemaren air dalam tandon pak Roni ini meluap, bahkan sampai subuh, bahkan saat saya berangkat ke Mesjid pun air nya masih belum di matikan” ucap pak Bone kepada Roni.

“Saya ada beberapa kali memanggil manggi pak Roni untuk bangun dan mematikan air, tapi pak Roni tidak bangun, apa kelelahan saya tidak tau” lanjut pak Bone.

Apa mungkin tagihan air yang melonjak ini di karenakan pemakaian air pengisi tandon ini? Coba di cek dulu meterannya.

Setelah di cek, memang betul angka meteran sesuai dengan angka tagihan di kwitansinya. 

Pak Bone menasehati untuk memasang pengunci air otomatis, jadi apabila air penuh, pengunci air ini akan lansung menutup kran nya dengan sendiri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.