PT Braight PLN Siap Menuju Transisi Energi Listrik Terbarukan Penuhi Kebutuhan Listrik Batam

Batam – wajahbatam.co.id | Vice President of Public Relation PT Bright PLN Batam Bukti Panggabean mengatakan, dalam hal penggunaan green energy yang ditargetkan pemerintah akan terwujud tahun 2030, pihaknya siap jalankan penggunaan energi terbarukan dalam penuhi kebutuhan listrik untuk kota Batam.

“Sesuai target pemerintah, 2030 kita sudah pakai green energy. Kami sebagai anak perusahaan tentu mendukung rencana ini,” ujar Bukti, Rabu (9/11) lalu.

Saat ini Batam masih tergantyng pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Diesel (PLTD). Diperlukan masa secara bertahap dalam proses transisi energi dari rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang nantinya berlokasi di wilayah Tanjung Uma, Batam.

PLTS ini ditargetkan mampu memasok daya listrik sebesar 1 megaWatt, dan dalam pembangunannya dibutuhkan investasi yang besar untuk membangun PLTS berdaya satu megaWatt yang membutuhkan lagan seluas satu hektar, (red)” kata Bukti.

Saat ini bright PLN Batam telah memulai pemasangan panel-panel surya sebagai sumber enwrgi listrik yang dipasang dikantor sendiri yang berlokasi di kawasan Batam Center.

Selanjutnya PLN Batam jufa akan melayani pemasangan panel surya untuk perkantoran yang ingin mulai menggunakan sumber energi terbarukan.

Proyek ini telah mulai berjalan, sebagai contoh yang telah dilakukan dengan kerjasama bersama PT McDermott Indonesia untuk membangun panel surya seluas 2,3 hektare di roof top gedung kantor milik perusahaan asal Amerika Serikat itu.

“Mudah-mudahan tercapai sesuai targetnya. Kami dari bright PLN Batam sudah bergerak mengarah ke situ (penggunaan energi terbarukan),” ujar Bukti.

Dilansir dari mesia Tribun, sebelumnya dikabarkan, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) RI, Luhut Binsar Panjaitan rencananya akan mulai menghentikan operasional PLTU batu bara sebagai langkah untuk mengurangi emisi karbon. Rencana ini akan diumumkan dalam acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mendatang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.