Pendidikan Sebagai Sarana Memajukan Sumber Daya Manusia Indonesia

0

Ditulis oleh : Rina Silfya

Berbicara tentang Pendidikan tidak pernah lepas dari kesadaran dari seorang individu untuk memperbaiki dirinya dimasa yang akan datang. Jika pendidikan sudah menjadi kebutuhan maka dengan sendirinya akan meningkatkan sumber daya manusia akan lebih baik yang nantinya akan berdampak terhadap bangsa dan negara. Menurut Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia pengertian pendidikan adalah tuntunan didalam hidup dan tumbuhnya anak-anak yang bermaksud menuntun semua bakat dan kodrat pada anak-anak, agar mereka sebagai bahagian masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagian setinggi- tingginya. Pelaku pendidikan dapat dengan sadar menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan untuk peranannya dimasa mendatang.(red).

Selaras juga dengan yang tertuang dalam UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spitual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhalak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Maka dengan pengertian pendidikan diatas dapat diambil benang merah jika masyarakatnya sudah memahami dan menyadari arti pendidikan untuk dirinya maka secara tidak langsung akan berimbas terhadap peningkatan sumberdaya manusia di masyarakat, bangsa dan negaranya.

Pemerintah Indonesia saat ini semakin mencurahkan perhatian terhadap pendidikan yang ada di Indonesia dengan meningkatkan alokasi dana yang semakin tinggi dalam APBN melalui Mentri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menambah alokasi anggaran untuk sektor pendidikan sebesar Rp 78,5 triliun saat ini yang nilainya telah mencapai Rp 621.3 triliun ditahun 2022.

Pemerintah berharap dengan penambahan alokasi dana pendidikan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik- baiknya sehingga apa yang menjadi harapan dalam amanah UUD 1945 pasal 3 ayat 1 dan 2 yang menyebutkan bahwa “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan pemerintah mengusahakan serta menyelengarakan satu sistim pendidikan nasional untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhalak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Maka tidak muluk rasanya jika kita menyimpulkan pendidikan akan menjadi salah satu jalan dan tonggak untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dinama nantinya akan meningkatkan kualitas manusia yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa dan negara. (Rs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *