Tidak Ada Komite, Taman Kanak-kanak Kaliban Sewenang-wenang Tentukan Biaya Perpisahan Sekolah

WAJAHBATAM.CO.ID – Batam – “Teacher bilang, kalau tak bayar tak dapat bajunya, kalau bayar dapat bajunya“, demikian suara sendu dan sedih anak-anak Taman Kanak-kanak TK Kaliban kepada orang tuanya saat siswa-siswa mungil itu pulang kerumahnya. Pesan tersebut dissampaikan guru didepan kelasnya yang seolah memaksa orang tua mereka melalui anaknya agar segera melunasi uang perpisahan sekolah yang wajib dibayarkan selambat-lambatnya tanggal 3 Juni 2021 (red).

Dari informasi para utusan wali siswa TK Kaliban Batam Centre yang mendatangi redaksi Wajah Batam (WB) mengatakan bahwa dalam rangka perpisahan sekolah, orang tua siswa diwajibkan membayar uang perpisahan sejumlah Rp 550.000 per siswa melalui sebuah surat edaran resmi sekolah Nomor: 011/K5/TK.KLB/III/2022 tentang Pelaksanaan Wisuda yang dikirim Via WhatsApp Grup.

Setelah pengumuman itu diedarkan, sekitar 6 orang tua siswa merasa keberatan dan mempertanyakan siapa yang memutuskan itu, karena setahu mereka TK Kaliban tidak memiliki Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Namun pihak sekolah melalui gurunya tidak menanggapi dan terus mendesak pelaksanaan perpisahan TK akan digabung dengan perpisahan SD Taliban yang juga akan menyelenggarakan perpisahan sekolah, ungkap salah satu perwakilan kepada redaksi WB.

Mendekati batas waktu yang ditentukan, pihak sekolah terus mendesak orang tua siswa agar segera melunasi yang menurut orang tua pihak sekolah diduga melakukan intervensi terselubung melalui anak-anak yang tidak mengerti permasalahan ini, “Kami kasihan anak-anak kami diperlakukan demikian, mereka merasa tertekan dan malu karena hanya kami ber-enam yang berani komplain”, kata salah satu orang tua siswa kepada redaksi WB.

Kami juga telah mengadukan ini kepada Bapak Suharsad, Ketua LSM Forum Komunikasi Pendidikan Nasional dan beliau mengatakan akan memfasilitasi swrta memperjuangkan nasib anak-anak kami jika nanti dipersulit dalam mendapatkan ijazahnya”, kata salah satu perwakilan orang tua siswa melanjutkan.

Dari keterangan para orang tua siswa yang mendatangi redaksi WB, diketahui bahwa TK Kaliban tidak memiliki Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, tapi dikendalikan oleh Kepala Sekolah SD Kaliban.

Setelah Redaksi meminta klarifikasi dan konfirmasi Via WhatsApp selama 3 hari, hingga berita ini diterbitkan, pihak sekolah TK Kaliban belum dapat memberikan tanggapannya, dan klarifikasinya akan segera diterbikan apabila telah ditanggapi. (Sh)

Leave your vote

-4 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.