Geliat Lembaga Pengembangan Karir Dosen (PKD) UNIBA untuk Percepatan Fungsional Dosen

WAJAH BATAM | BATAM – Sangat terlihat jelas, bahwa kini Universitas Batam terus menggeliat memperbaiki system disegala bidang Lembaga di lingkungan Universitas Batam. Semua yang berkaitan dengan pembelajaran, sarasan prasarana, tata Kelola, mutu dan SDM yang ada menjadi pantuan pihak Yayasan Griya Husada Batam Universitas Batam untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas Universitas Batam kedepannya.

Kepala Lembaga Pengembangan Karir Dosen (PKD) yang saat ini di ketua oleh ibu Diana Titik Windayati, SE.,M.Si, melaksanakan kegiatan Sosialisasi & Workshop dengan tema “ Penyamaan Persepsi Jabatan Fungsional dan Sertifikasi Dosen” yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 22 Januari 2022 di lantai 2 gedung Pascasarjana Universitas Batam.

Pengembangan karir dosen (PKD) menjadi hal penting untuk dilaksanakan oleh semua perguruan tinggi dan khususnya dosen di Indonesia, karena  dosen adalah profesi yang dipilih oleh yang bersangkutan dan mencoba fokus dengan jenjang karir adalah salah satu bentuk tanggung jawab. Jabatan akademik yang terus dikejar akan menunjukan profesionalitas seoraang dosen.

Pentingnya seorang dosen untuk dapat mengembangkan karir sebagai dosen untuk meningkatkan kualitas dosen dalam sebuah perguruan tinggi, dan secara otomatis institusi dimana dosen bernaung akan naik peringkatnya jika masalah karir dosen dapat tercapai.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada institusi pendidikan tempat dosen tersebut mengajar, maka  Ka.Lembaga PKD Universitas Batam menginisiasi acara ini agar permasalahan SDM dapat teratasi sessuai dengan target yang diinginkan Lembaga.

Dr.Elli Widia.,S.Pd.,MM.Pd Wakil Rektor 1 Universitas Batam

Semua  institusi pendidikan termasuk Universitas Batam membutuhkan dosen yang aktif dan produktif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semakin aktif maka semakin mudah bagi dosen untuk memegang jabatan akademik tertinggi di usia yang relatif masih muda.

Semakin banyak dosen yang memangku jabatan akademik tinggi dalam sebuah perguruan tinggi, salah satunya adalah Guru Besar, maka semakin menunjukan kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi  yang bisa memiliki SDM berkualitas berkesempatan mendapat nilai akreditasi yang Unggul.

Universitas Batam terus melakukan pembenahan dalam bidang pengembangan karir dosen ini,. Saat ini Universitas Batam akan menambah Guru besar dalam waktu dekat dan akan terus berupaya agar semua dosen yang berada pada lingkungan Universitas Batam memilki jabatan fungsional.

Jabatan akademik dosen sangat berpengaruh langsung terhadap nilai akreditasi program studi. oleh sebab itu pihak perguruan tinggi yang sangat konsen akan reputasi dan kualitas kampus akan sangat memperhatikan hal tersebut.

Banyak upaya yang dilakukan perguruan tinggi untuk mendorong dosen meraih jabatan akademiknya. Selain berimplikasi langsung pada nilai akreditasi program studi, jabatan akademik dosen juga sebagai salah satu jalan pengembangan karir dosen menuju jenjang selanjutnya hingga menjadi guru besar atau profesor.

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Batam Prof.Dr.Ir.Chablullah Wibisono.,MM mengatakan “ Untuk meningkatkan akreditasi SDM Universitas Batam berupaya melaksanakan berbagai kegiatan workshop dan sosialisasi untuk memperkaya pengetahuan dalam meningkatkan jabatan fungsional dosen dilingkungan Universitas Batam. Universitas Batam terus berupaya agar dosen-dosen 80% memiliki jabatan fungsional Lektor Kepala, Guru besar dan dosen bersertifikasi.

Harapan yang sama juga disampaikan Ka.Lembaga Pengembangan Karir Dosen ibu Diana Titik Windayati, SE.,M.Si, sekaligus sebagai ketua panitia acara menyampaikan saat ini Lembaga PKD akan terus berupaya menginisiasi dan menguiden semua  yang berkaitan dengan  meningkatkan jabatan fungsional dosen dilingkungan Unversitas Batam.

Acara yang dilaksanakan digedung Pascasarjana lantai 2 Universitas Batam tersebut dihadiri Rektor Universitas Batam, Para Dekan , Ka.Lembaga dan seluruh dosen yang Universitas Batam,

Sebagai pemateri acara tersebut Universitas Batam mengundang Subkoordinator Pendidik dan Tenaga Kependidikan LLDikti Wilayah X Bapak Reri Anton, SE., MM. dan Eri Suryadi,SP Operator Sister, LKGB, Simdos, L2Dikti Wilayah X.

Reri Anton, SE., MM sebagai pemateri I menyatakan bahwa “ Tahun 2025 seluruh dosen harus memiliki jabatan fungsional dan berpendidikan S3 (Doktor) , jika tidak terpenuhi maka akan tergilas dengan system. Untuk itu semua yang berprofesi dosen wajib memiliki Pendidikan teritnggi S3 (Doktor) dan memiliki jabatan fungsional sebagai seorang dosen yang professional.

Pemateri II Bapak  Eri Suryadi.,S.P menjelaskan teknis pengusulan Sister BKD dan teknis usulan Jabatan Fungsional Dosen. Pak Eri Suryadi.,S.P mengharapkan agar dosen-dosen Universitas Batam selalu update data di Sister dan berharap ini dilakukan rutin sehingga bisa langsung memantau informasi-informasi yang ada diakun Sister masing-masing dosen.

Jika  dosen yang sudah sukses memangku jabatan akademik tertinggi memiliki kelebihan. Bukan kelebihan dalam bentuk kepintaran  melebihi dosen lainnya, namun kelebihan dalam memanfaatkan atau memanajemen waktu. Banyak dosen yang saat di perjalanan selalu mencatat ide penelitian, ide tulisan, dan sebagainya.

Sangat baik jika kita mampu kuasai dulu manajemen waktu dan berbagai kesempatan untuk meraih kum akan muncul di depan mata. Jika ingin menjadi dosen yang bertanggung

jawab  terhadap dirinya, institusi pendidikan tempat mengajar, juga  kepada pemerintah. Maka sudah sepatutnya untuk fokus dalam pengembangan karir dosennya.

Penulis

Dr.Elli Widia.,S.Pd.,MM.Pd

Wakil Rektor 1 Universitas Batam

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.