Uniba menghadapi tantangan tahun 2022

Batam – Uniba yang dikenal dengan Universitas Batam yang berlokasi di Jalan Uniba Nomor 5, Kota Batam, Indonesia. Universitas Batam yang didirikan oleh Dr.H.Rusli Bintang  yang sekaligus menjadi ketua umum Yayasan Griya Husada Kota Batam pada tahun 2000.

Sejarah singkat berdirinya bermula dengan nama  Universitas Abulyatama berdasarkan Surat keputusan Pendirian dari Direktur Jenderal Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58/D/O/2000.

Peletakan batu pertama pembanguan gedung kampus Universitas Batam,dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2000 oleh Bapak DR. Satryo Soemantri Brojonegoro selaku Direktur Jenderal Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Pada saat peletakan batu pertama tersebut juga didampingi oleh Bapak DR. H. Rusli Bintang selaku Ketua Yayasan Griya Husada, dan Bapak Prof. Dr. H. M Nasir, sebagai Rektor Universitas Abulyatama.

Universitas Batam diresmikan pada tanggal 26 Januari 2001 oleh Bapak Dr. A. Yahya Muhaimin, yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Kilas balik sejarah berdirinya Universitas Batam dengan segala pemikiran, tenaga dan dana yang dikerahkan oleh Ketua Umum Yayasan Griya Husada Batam Dr.H.Rusli Bintang pada saat itu, yang kini membuah hasil yang sangat luar biasa.

Era globalisasi digital yang makin merambah dunia Pendidikan tinggi saat ini dan perdagangan bebas merupakan sebuah era tantangan industri dan perdagangan yang semakin berat dan menuntut peningkatan daya saing yang tinggi dan efisiensi dalam bekerja.

Sumber daya manusia sebagai faktor modal utama akan menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak, menentukan dan menjadi prioritas yang berskala nasional dan internasional.

Untuk itu dibutuhkan sebuah manajemen yang efektif, efisien dan memiliki sarana serta prasarana yang berteknologi tinggi sebagai prioritas yang patut diperhatikan.

Untuk mengantisipasi kecenderungan perkembangan dan tuntutan kebutuhan sumber daya manusia di masa depan bangsa dan negara Republik Indonesia. Kota Batam harus menciptakan kemampuan yang relevan dengan perubahan kebutuhan dan lapangan kerja. Batam merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang natabene memiliki sumber daya alam yang sangat kaya.

Sebagai sebuah wilayah pengembangan terpadu dan khusus diharapkan untuk dapat dikelola agar pengembangan pembangunan disegala bidang dapat terwujud untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni.

Universitas Batam hadir dengan sistem pengelolaan, proses belajar mengajar, sumber daya manusia, sarana, prasarana dan program, baik program akademis maupun program profesi yang dirancang dengan baik dan bermutu tinggi sehingga siap untuk menghadapi perkembangan era IPTEK dan mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Indonesia dan mancanegara.

Universitas Batam berusaha untuk menyelenggarakan pendidikan yang berbaku mutu tinggi dalam sebuah sistem, program, kegiatan dan sumber daya manusia,sesuai kebutuhan kegiatan industri secara nasional dan internasional.

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi.

Memasuki tahun 2022 ini Universitas Batam berupaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran.Pengaturan pembelajaran tatap muka PTM terbatas sesuai dengan SKB 4 Menteri terbaru yang baru saja di-launching adalah, mulai Januari 2022 semua peserta didik satuan pendidikan pada level 1,2, 3 wajib melaksanakan PTM terbatas.

Universitas Batam berupaya memenuhi semua persyaratan untuk dapat melaksanakan Kegiatan pembelajaran, wali kota Batam H.Muhamad Rudi sudah mengeluarkan izin melaksankan pembelajaran tatap muka dengan syarat mengikuti semua ketentuan-kententuan yang sudah di sepakati.

PTM terbatas 2022 sudah dimulai sejak bulan Januari saat ini dan dilakukan menurut level PPKM masing-masing wilayah. Ketentuannya juga sudah dikeluarkan melalui SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek telah mengeluarkan panduan tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

Panduan tersebut dikeluarkan melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.

Univeristas Batam memiliki prodi kedokteran yang mengharuskan adanya praktikum, maka dalam PTM yang dilaksanakan pada September 2021 secara hybrid learning dengan melaksanakan prokes yang ketat.

Universitas Batam berusaha untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi dalam sebuah sistem, program, kegiatan dan sumber daya manusia,sesuai kebutuhan kegiatan industri secara nasional dan internasional.

Pembenahan dilakukan agar pelayanan kepada mahasiswa dapat terjaga dengan baik. Universitas Batam terus bergerak dengan mengikuti perkembangan terkonologi dan berupaya meningkatkan mutu disegala bidang.

Khusu bidang akademik untuk meningkatkan akreditasi Universitas Batam berupaya meningkatkan mutu akademik dan membanyak penelitian dan pengabdian masyarakat agar tridharna perguruan tinggi dapat dilaksanakan dengan sebaiknya untuk kemajuan Universitas Batam menuju era digitalisasi.

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.