Walikota Batam, BP Batam dan UNIBA Tandatangani MOU Tridharma Perguruan Tinggi Dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB)

Batam – Ada pepatah yang mengatakan “ tak Kenal makanya tak sayang” kata pepatah ini merupakan kata yang mengharuskan kita untuk saling sapa,kenal dan mengulik lebih dalam lagi tentang sesorang, lembaga, daerah dan sebagainya, yang tujuannya adalah agar kedepannya bisa kita jadikan sahabat, saudara, keluarga dan bahkan rumah kita.

Manusia adalah makhluk social, makhluk yang membutuhkan pertolongan orang lain, makhluk yang membutuhkan membangun hubungan dengan orang lain. Itu sebabnya kita sesama manusia harus saling mengenal, menghargai dan saling membantu.

Universitas Batam melaksanakan “ Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru “ tahun pelajaran Ganjil 2021-2022 dengan mengusung tema ‘ Dengan PKKMB kita wujudkan mahasiswa yang kreatif, inovatif, bertaqwa dan berakhlak Mulia”.

PKKMB ( Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ) yang pada jaman dulu dikenal dengan nama OSPEK adalah kegiatan awal bagi setiap mahasiswa baru yang ada di semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

Kepanjangan ospek menurut KBBI adalah orientasi studi dan pengenalan kampus. Sesuai namanya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. Dikti Kemendikbud telah mengeluarkan panduan untuk melakukan ospek, atau yang dalam istilah Dikti disebut Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) kerap disalahartikan oleh para senior. Tak jarang, mereka semena-mena saat memperkenalkan sekolahnya ke para junior. Tak jarang juga menggunakan kekerasan, walaupun Kemenristek Dikti sebenarnya sudah membuat pedoman agar ospek dilakukan sesuai aturan.

PKKMB Universitas Batam dibuka oleh kepala BP Batam / Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi. selain membuka PKKMB Universitas Batam, H.Muhammad Rudi juga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru  peserta PKKMB. Dalam kuliah umum Wali kota Batam Muhammad Rudi mengharapkan agar kaum milenial turut serta dalam pembangunan kota Batam dengan cara ikut serta mendukung pembangunan kota Batam. H. MuhammadaRudi juga berharap agar generasi muda cekatan dalam melihat peluang untuk menciptakan lapangan kerja bukan melamar kerja.

Wali Kota Batam dan juga sebagai ketua BP Batam H. Muhammad Rudi mengharapkan akan kelak mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri dan berakhlak mulia serta turut serta mendukung pembangunan di Kota Batam.

Selaku Wali kota Batam sekaligus ketua BP Batam, sasaran utama pembangunan Kota Batam adalah  meningkatkan pembangunan kualitas fasilitas umum di kota Batam, seperti membenahi bandara, pelabuhan dan juga jalan.

Selain memberikan kuliah umum H. Muhammad Rudi juga menandatangi kesepahaman ( MoU) antara Universitas Batam dan Pemerintah Kota Batam ( Pemko Batam) serta Badan Pengusahaan Batam { BP Batam ) dalam mendukung Tridharma Perguruan Tinggi, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di lingkungan Pemko Batam dan BP Batam.

Selain itu PKKMB Uniba juga  diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan sekitar kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik yang  disertai dengan menambah wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat yaitu menumbuhkan sikap akhlak mulia sesuai dengan tema acara PKKMB Uniba yaitu “ mewujudkan mahasiswa yang kreatif, inovatif, bertaqwa dan berakhlak mulia”

Universitas Batam dalam kegiatan PKKMB ini mengharapkan agar mahasiswa baru dapat melaksanakan kehidupan kampus dengan baik, mengikuti semua peraturan akadmik maupun non akademik, menjalin hubungan yang baik dengan dosen, tenaga pendidik serta semua yang ada dalam lingkungan kampus Universitas Batam.

Penyelenggaraan PKKMB Universitas Batam juga  memfokuskan  pada upaya pendewasaan dan pembelajaran dengan tertib dan tidak ada kekerasan verbal, fisik maupun mental.

Covid 19 yang hingga kini masih melanda tidak menyurutkan semangat Universitas Batam  untuk melaksanakan PKKMB dengan mengikuti peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika, dan hukum serta memperhatikan protokol kesehatan pecegahan penyebaran Covid-19.

Universitas Batam dalam pelaksanan PKKMB ditengah pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui daring, luring ataupun hybrid disesuaikan dengan kondisi masing-masing mahasiswa dan berkoordinasi dengan satuan tugas (Satgas) Covid-19 setempat dengan  memanfaatkan media kreatif dan teknologi informasi.

Universitas Batam mengaharapkan pelaksanaan PKKMB menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu.

Dengan  PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

oleh: Dr.Elli Widia,S.Pd.,MM.Pd

Wakil Rektor 1 Universitas Batam

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Tambahkan ke Koleksi

Tidak ada koleksi

Koleksi saya

id_IDIndonesian