PT. PTI di Batam Akomodir Mayoritas TKA Yang Tidak Tahu Berbahasa Indonesia dan Inggris

Menurut Syaipul Badri, PT Pegatron Technology Indonesia mempekerjakan mayoritas TKA luar yang bekerja di perusahan tersebut, dan ini dapat menutup peluang bagi pekerja lokal yang berdampak tingginya pengangguran di kota Batam. Jika dinilai dari keahlian (skill) baik level atas sampai level bawah tenaga kerja kita sangat lengkap. Ironisnya lagi para TKA para TKA tersebut tidak pernah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Mereka semua menggunakan bahasa China yang tidak dimengerti sama sekali oleh pekerja kita. Kami tidak menolak mereka bekerja dan kami akan selalu mendukung investasi di Batam ini, tapi perusahaan juga jangan abaikan Undang-undang kita”, ungkapnya.

Mengutip juga penyampaian Kepala Dinas Tenaga Kerja Batam, Rudi Sakyakirti menyesalkan pihak perusahan belum juga mengakomodasi hak-hak karyawan, sementara banyak keluhan yang masuk terkait hak-hak pekerja belum dipenuhi pihak perusahaan.

Rudi juga mengatakan bahwa pihaknya bulan lalu telah adakan pertemuan dengan pihak perusahaan dan membahas berbagai permasalahan seperti cuti hingga pemotongan-pemotongan THR yang tidak jelas. Saat pertemuan itu hanya direspon secara lisan saja. “Jadi jika tidak direspon berarti perusahaan artinya tidak mematuhi aturan ketenagakerjaan untuk ke depannya”, katanya.

Rudi Sakyakirti juga mengatakan bahwa hendaknya pihak pekerja dapat memberikan laporan secara resmi, bukan saja melalui perorangan ataupun laporan di fanpage Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.

Apa Respon Masyarakat ?

Halaman sebelumnya.

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Tambahkan ke Koleksi

Tidak ada koleksi

Koleksi saya

id_IDIndonesian