Universitas Batam  Menuju Rangking Unggul

Dr.Elli Widia.,S.Pd.,MM.Pd

Oleh: Dr.Elli Widia.,S.Pd.,MM.Pd (Wakil Rektor 1 Universitas Batam)

Pasti kita sering mendengar kata motivasi ini “Kerja keras, dan belajar dari kegagalan merupakan salah satu kunci sukses” . Rangkaian kata ini menambah semangat kita untuk terus berupaya agar terus dan terus berjuang  memberikan yang terbaik untuk Universitas Batam kebanggaan Kepulaian Riau ini.

Universitas Batam (Uniba) merupakan salah satu perguruan tinggi terkenal dan terbesar di Batam Kepulauan Riau. Baru-baru ini Universitas Batam baru selesai melaksanakan gawai besarnya yaitu Rapat Kerja (Raker) pada tanggal 3 dan 4 September 2021, Raker ini dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil kerja tahun 2020-2021dan perencanaan kerja tahun 2021-2022, acara tersebut dilaksanakan di lingkungan Universitas Batam.

Kini Universitas Batam terus berupaya mempertahankan predikat sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta (PTS) unggul, sesuai dengan tema Rapat Kerja (Raker) 2021 ini yaitu “Clustering Rank Improvement Strategies of The Batam University.

Sesuai dengan tema diharapkan peringkat perguruan tinggi memang telah menjadi tren tak hanya dunia tapi juga di Indonesia. Hal ini tampak dari kebijakan pemerintah melalui Kemenristekdikti untuk menggunakan QS World University Rankings sebagai rujukan resmi peringkat universitas dunia dan mendorong perguruan tinggi Indonesia untuk turut terlibat

Dr.Elli Widia.,S.Pd.,MM.Pd (Wakil Rektor 1 Universitas Batam)

Saat ini Kemenristekdikti juga melakukan pemeringkatan untuk perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini telah dilakukan sejak beberapa tahun belakang., dengan fokus penilaian pada kualitas sumber daya manusia (SDM), manajemen, kegiatan mahasiswa, dan penelitian serta publikasi. Setiap tahunnya Kemenristekdikti merilis peringkat perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta.

Peringkat ranking sebagai bentuk akuntabilitas, baik pemerintah maupun masyarakat sebagai penyokong sekaligus pengguna pendidikan tinggi tentunya ingin mengetahui kualitas dari perguruan tinggi. Ranking dianggap sebagai cara yang efektif untuk memenuhi tuntutan ini.

Selain itu ranking bisa menjadi rujukan pemerintah dalam pengambilan kebijakan khususnya dalam penentuan program dan pengalokasian dana untuk pendidikan tinggi. Juga, bisa digunakan oleh masyarakat untuk menentukan pilihan perguruan tinggi yang terbaik untuk putra-putrinya.

Penyelenggaraan pendidikan tinggi semakin dituntut untuk meningkatkan mutu dan kinerjanya sesuai dengan paradigma pendidikan tinggi serta kebutuhan di masyarakat. Untuk itu Universitas Batam senantiasa berupaya melaksanakan fungsi Tridarma dan misinya secara konfrehensif sesuai dengan garis-garis kebijaksanaan otoritas yayasan dan usulan bagian akademik dan non akademik di lingkungan Universitas Batam.

Hasil rapat kerja ini diharapkan dapat memperoleh seperangkat pedoman,aturan,komitmen dan tata kelola penyelenggaraan Univeristas Batam yang efektif dan efisien yang dilaksanakan secara konsisten oleh unsur pimpinan dan pelaksana dengan semangat kebersamaan.

Universitas Batam  akan focus meningkatkan bidang akademik yaitu  terus meningkatkan kualitas SDM, sarana dan prasarana pendidikan serta penyempurnaan kurikulum yang mengacu kampus merdeka merdeka belajar.

Universitas Batam juga terus meningkatkan kegiatan dan kualitas penelitian yang merupakan ujung tombak dan   jantung dalam sebuah perguruan tinggi dibawah payung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (LPPM).

Makna dari tema Raker ini diharapkan agar Universitas Batam ke depan menjadi salah satu universitas “Unggul” dengan rangking yang terbaik. Tentu dengan berbagai macam strategi-stategi yang dilakukan seperti pembenahan di segala bidang, baik dalam bidang Kurikulum, SDM dan Penjamian mutu yang sesuai dengan kebutuhan penilain akreditasi universitas.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dipandang sebagai salah satu solusi untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, SPMI dianggap mampu untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi.

Dengan kata lain, perguruan tinggi dikatakan bermutu apabila mampu menetapkan serta mewujudkan visi kampus melalui pelaksanaan misinya (aspek deduktif), serta mampu memenuhi kebutuhan/memuaskan stakeholders (aspek induktif) yaitu kebutuhan mahasiswa, masyarakat, dunia kerja dan profesional. Sehingga, perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu.

Manfaat lain dari raker ini juga mengharapkan lulusan –lulusan Universitas Batam dapat terjun langsung dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri( DUDI) sesuai dengan kebijakan kemendikbud terkait merdeka belajar kampus merdeka. Evaluasi itu sangat penting untuk mengukur kinerja dalam mengembangkan kualitas kerja ke depannya. Dan perencanaan kedepan diharapkan Universitas Batam terarah dan terukur.

Universitas Batam terus bergerak dan berupaya melaksanakan strategi-strategi untuk  meningkatkan mutu dan kualitasnya baik dari segi sumberdaya manusia,kurikulum dan sarana dan prasana yang mendukung menuju unggul dan terbaik di Kepulauan Riau.

Hadirnya Universitas Batam di bawah Yayasan Griya Husada (YGH) yang diketuai oleh Dr.Rusli Bintang merupakan yayasan yang bergerak dibidang pendidikan. Memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu memfokuskan pendidikan bagi anak yatim dan masyarakat kurang mampu.

Zaman era digital sekarang ini ,pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Rendahnya kualitas pendidikan menjadi penyebab dari krisisnya sumber daya manusia.

Zaman semakin  maju, maka pendidikan  turut berpengaruh pada perkembangan ekonomi. Sehingga, sudah sepatutnya jika lapangan pekerjaan membutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar kompeten untuk bersinergi bersama.

Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia.” – Nelson Mandela

Dr.Elli Widia.,S.Pd.,MM.Pd

Wakil Rektor 1 Universitas Batam

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Tambahkan ke Koleksi

Tidak ada koleksi

Koleksi saya

id_IDIndonesian