LSP Pers Tanda Tangani MoU Dengan UNIBA

WAJAHBATAM.CO.ID – Batam | Lembaga Sertifikasi Pers (LSP) Indonesia yang pertamakali ditunjuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai pelaksana Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW), hari ini Kamis, 16/9/2021 menandatangani MoU dengan Universitas Batam (UNIBA) yang diselenggarakan di Kampus tersebut.

Kegiatan SKW ini bertujuan untuk mengembangkan tenaga kerja professional di bidang jurnalistik yang handal, dengan penerapan Skema baku dan terverifikasi BNSP serta sertifikasi yang dipercaya baik secara Nasional maupun Internasional.

LSP juga menyediakan perangkat standarisasi bagi kompetensi wartawan Indonesia, khususnya yang terkait dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang wartawan dalam melaksanakan fungsinya.

Penyelenggaraan SKW ini merupakan amanah UU No 13 Tahun 2003, PP nomor 10 tahun 2018 tentang BNSP, Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 Tentang Kerangka Sistem Standart Kompetensi Kerja Nasional, dan Pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi nomor 03/BNSP.302/X/2003 tentang Pedoman Penerbitan Sertifikat Kompetensi.

Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Batam, Prof.Dr.Ir. Chablullah Wibisono, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan keberadaan LSP Pers ini diharapkan dapat membangun informasi yang dapat mengembangkan potensi Kepri sebagai daerah maritim yang memiliki wilayah laut hampir 94%. Media seharusnya lebih mengutamakan penggalian sumber alam selain sumber lainnya.

Selanjutnya, Assesor LSP Pers Kepri Apul Matondang dalam sambutannya mengatakan bahwa Skema Sertifikasi LSP Pers Indonesia ini meliputi :

1.Skema Sertifikasi Okupasi Cameramen Muda Reporter
2.Skema Sertifikasi Okupasi Wartawan Reporter
3.Skema Sertifikasi Okupasi Wartawan Madya
4.Skema Sertifikasi Okupasi Wartawan Utama.

Skema Sertifikasi yang telah ditetapkan ini agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemberian lisensi, relisensi penambahan ruang lingkup dan pelaksanaan sertifikasi.

Konsekwensi dari Keputusan Pemerintah, dalam hal ini BNSP, memberikan Lisensi kepada LSP Pers Indonesia untuk melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW), dengan Pendirian Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dalam kesempatan ini, untuk Pertama Kali di Indonesia, bekerjasama dengan Universitas Batam (UNIBA)

Kegiatan Sertifikasi Wartawan pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Kepri ini akan menjadi wilayah percontohan bagi wilayah-wilayah lain yang akan mengadakan kegiatan SKW.

Dengan adanya kegiatan SKW yang dilaksanakan di UNIBA sebagai Tempat Uji Kompetensi diharap dapat memberikan sumbangsih terhadap tridarma perguruan tinggi yakni Pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Dan sertifikasi kompetensi wartawan ini dapat menjadi motivasi bagi para jurnalis Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau untuk terus mengembangkan dirinya agar lebih kompeten, berintegritas dan bermartabat sesuai dengan kode etik jurnalis.

Penandatanganan MoU antara LSP Pers dengan UNIBA ini juga dihadiri oleh
– Wakil Rektor 1, Dr.Elli Widia, S.Pd., M.M.Pd
– Wakil Rektor 2,Dr. Angelina E. Rumengan, s.Kom.,MMSi,
– Wakil Rektor 3, Dr.Dra. Hj. Laily Wasliatin SH, M Hum,
– Wakil Rektor 4 Bidang Kerja sama, Dr.Mohamad Gita Indrawan,ST., MM,
– Kepala Tempat Uji Kompetensi Sekaligus bidang humas Universitas Batam,Dr.Drs I Wayan Catrayasa, MM,
– Ketua DPD SPRI Kepri Solichin dan juga
– Ketua DPC SPRI Batam Allan Suharsad. ***

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Tambahkan ke Koleksi

Tidak ada koleksi

Koleksi saya

id_IDIndonesian