Susah tidur ? Kenali Apa Itu Coronasomnia?

Ilustrasi . Sumber foto dari Google

WajahBatam.co.id – Apa Itu Coronasomnia?

Coronasomnia adalah istilah yang digunakan untuk masalah tidur yang berhubungan dengan pandemi. Ini adalah dampak dari ketidakpastian dan rentetan informasi yang kita peroleh.
Coronasomnia pada seseorang belakangan menciptakan semacam populasi baru utamanya pada para penderita insomnia kronis.

Masalah coronasomnia ini kemudian berdampak pada penurunan produktivitas, peningkatan risiko hipertensi, depresi maupun masalah kesehatan lain. Banyak alasan yang membuat sulit tidur selama pandemi virus corona penyebab Covid-19 ini. Di antaranya pandemi telah meningkatkan stres dan mengganggu rutinitas. Kemudian kondisi keuangan tertekan, hari-hari kurangnya aktivitas dan interaksi sosial.

Bagaimana Mengatasinya?
Selain itu, sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi Coronasomnia di antaranya:

  • Pertahankan rutinitas harian yang normal

Jika seseorang selama pandemi bekerja dari rumah maka sebisa mungkin baiknya mempertahankan jadwal rutinitas seperti saat ia bekerja.

 

  • Biasakan tidur seperti biasa / tidur normal

Sekitar setengah jam sebelum jadwal tidur cobalah untuk mematikan lampu. Karena cahaya terang akan mencegah otak memproduksi melatonin alami (melatonin alamihormon yang menjadi bagian dari siklus tidur alami yang akan membantu seseorang untuk tidur.

 

  • Kurangi melihat berita dan media sosial saat malam

Ini penting supaya otak tidak terus menerus membunyikan bel alarm akibat berita yang kurang baik

 

  • Berolahraga sepanjang hari

Olah raga akan membantu mengurangi stres dan menjaga tubuh dalam ritme normal. Sebaiknya seseorang telah selesai berolahraga beberapa jam sebelum waktu tidurnya, agar tubuh punya waktu menenangkan diri

 

  • Dapatkan sinar matahari

Ini membantu menjaga ritme sikardian tubuh sehingga dapat menghasilkan melatonin di malam hari, bukan siang hari

 

  • Hindari makan malam terlambat

Jika akan tidur jam 11 malam maka cobalah tidak makan setelah jam 7 malam atau lebih. Hal ini untuk memberi waktu tubuh mencerna makanan. Saat tidur sudah seharusnya semua metabolisme termasuk pencernaan beristirahat.

(DnL)

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Tambahkan ke Koleksi

Tidak ada koleksi

Koleksi saya

id_IDIndonesian