DPRD Batam Tingkatkan Kemitraan Dengan Peran Strategis Pers

Batam – WAJAHBATAM.ID | Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan juga dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), berlandaskan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Di samping pro dan kontra tentang penetapan HPN, pers nasional juga menghadapi tantangan ganda karena pandemi Covid-19. Peringatan HPN setiap tahun dapat menjadi penyemangat sekaligus menantang para insan pers untuk selalu mempertanyakan peran pers pada zamannya, termasuk pada saat pandemi Covid-19 saat ini.

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto saat diminta pendapatnya tentang ini mengatakan, “Peran pers sangat penting dan strategis dalam ruang informasi yang memiliki kekuatan dan pengaruh pembangunan diseluruh bidang, apalagi pers sekarang sangat kuat dan independen , memiliki kebebasan yang luar biasa, disamping fungsi dan tugasnya sebagai pembawa berita, pemberi informasi, juga ada peran kontrol dan pengawasan dalam proses pembangunan yang dimulai dari informasi perencanaan, anggaran, pelaksanaan dan pengawasan, semua itu ada peran pers sehingga publik mengetahuinya”, ujarnya.

Nuryanto juga mengatakan bahwa menurutnya pers di Indonesia sudah merdeka dan sangat merdeka, karena dijamin oleh konstitusi dan UU no 40 /1999 tentang kebebasan/kemerdekaan pers. “DPRD Batam kedepan juga akan membangun kemitraaan dengan pers, karena perannya yang sangat penting dalam pembangunan jasmani dan rohani dikota Batam. Selain itu juga saling mengisi sesuai peran masing masing. Sekali lagi, pers itu memiliki multi peran yang bisa mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, politik, keamanan dannlain-lain, maka pers harus bisa menempatkan diri sesuai kapasitasnya dengan tupoksinya, tidak kemana-mana tapi ada dimana mana sebagai sang pembawa berita dan informasi kebenaran obyektif dan faktual”, harapannya. (sh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

SPAM Batam Komitmen Tiap Bulan Jaga Kualitas Air Minum Yang Aman Dikonsumsi

Protokol Kesehatan Bagi Orang Asing Yang Akan Masuk Wilayah Indonesia Jadi Perhatian Utama