Kejar Target, Dishub Batam Ancang Naikkan Tarif Parkir Dua Kali Lipat Tahun 2021

Kenaikan tarif retribusi parkir yang direncanakan Dinas Perhubungan Batam sempat membuat kaget dan melakukan pembulian yang oanjang oleh netizen dibanyak sosial media Batam. Hal ini ditanggapi Kepala Dishub Batam Rustam Effendi seperti dikutip dari Harian Batam Pos, Jumat (22/1) yang mengatakan bahwa kenaikan tersebut baru tahap pembahasan, karena Dishub diberi target yang besar, ujar Rustam.

Rustam juga mengakui bahwa tarip parkir pinggir jalan di Batam dinilai cukup murah dibanding daerah lain, disamping itu belum ada kenaikan dari tahun ketahun, tegasnya.

Kenaikan tarif itu dirancanakan untuk tarif roda dua dari saat ini yang Rp 1.000 naik menjadi Rp 2.000 dan untuk roda 4 dari sebelumnya Rp 2.000 menjadi 4.000. “Tapi penyesuaian tersebut tetap akan disosialisasikan kepada masyarakat.

Rustam menerangkan bahwa Dishub akan mengoptimalkan sejumlah titik-titik parkir yang belum digarap di tahun 2020 lalu, agar dapat meningkatkan pendapatan dari retribusi parkir dipinggir jalan.Dari data yang dihimpun dari pemberitaan Harian Batam Pos, ada 556 titik yang telah digarap (termasuk 183 titik mandiri seperti mall dan swalayan) dari 710 titik yang terdata di Dishub Batam, sisanya 154 titik belum tersentuh dari penggarapan karena keterbatasan juru parkirnya. Ada sekitar 373 titik kategori on the spot (OTS) dengan menggunakan jasa juru parkir.

”Titik yang belum dipungut inilah nanti kita optimalkan. Agar pendapatan restribusi parkir bisa mencapai target ke depannya,” beber Rustam.

Retribusi parkir di pinggir jalan tahun 2020 ditargetkan sebesar Rp 20 miliar sementara pencapaian hanya sekitar Rp 4,6 miliar. Begitu juga pajak parkir yang ditargetkan Rp 20 miliar hanya mencapai Rp 5,7 miliar.

Berita ini dikutip dari berbagai sumber media dan grup sosial media Batam (22/1/2020)

** (sh)

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Tambahkan ke Koleksi

Tidak ada koleksi

Koleksi saya

id_IDIndonesian