Soghosah Waterfall Pua Data Akan Dapat Bantuan Dana Desa

Limapuluh Kota – WAJAHBATAM.ID | Soghosah Waterfall merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah Jorong Puah Data Kanagarian Kototinggi Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Limapuluh Kota Payakumbuh Sumatera Barat .

Dalam pengembangan kepariwisataan tersebut, Kanagarian Koto Tinggi telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang saat ini fokus melaksanakan pembenahan sebuah air terjun yang terdapat diwilayah itu dengan nama Soghosah Waterfall (SWF) Pua Data.

Pokdarwis SWF juga mulai mempersiapkan fasilitas-fasilitas pendukung wisata yang salah satunya dengan mendirikan sanggar seni Umbuik Manggani pimpinan Donal yang juga sebagai ketua Pokdarwis SWF Puah Data.

Wali Nagari Koto Tinggi Arman S.Pd yang di dampingi Sekretaris Nagari Irwanto saat dijumpai Jorong Pua Data Nova Susanti dikantornya Kamis, (21/1) menyatakan sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas terbentuknya desa wisata yang ada di Pua Data. Beliau juga berharap agar delapan Jorong yang ada di Kenagarian Koto Tinggi dapat saling mendukung supaya kepariwisataan di Pua Data dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sekaligus merupakan asset nagari yang dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Limapuluh Kota”.

Sogosah Waterfall berada lingkup tanah ulayat dan diwilayah persawahan Jorong Pua Data dan memiliki keindahan alam tersendiri yang jika dikelola dengan baik dapat menjanjikan nilai kepariwisataan yang memiliki nilai jual tinggi.

Dalam Rencana tahun 2021, Saghosah Waterfall direncanakan pengerjaannya pada tahun ini (2021) yang pendanaannya akan diagendakan dari kucuran dana desa. Hal ini dikemukakan oleh Ujang sebagai Ketua Badan Musyawarah Kanagarian (BAMUS) Kototinggi saat dijumpai media ini, “bahwa untuk pembangunannya akan diagendakan dari kucuran dana Desa”, ujarnya

Keindahan Air Terjun Soghosah ditargetkan dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara sekaligus menjadikannya sebagai asset daerah yang mendukung program pemerintah pusat dalam memperkenalkan Pesona Indonesia. (Ay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Warga Rusun Windsor Resah Dengan Maraknya Aksi Kejahatan Pencurian

Tiga Anak Jalanan Tertangkap Dalam Aksi Kejar-kejaran Dalam Razia Rutin Satpol PP Batam