“Soghosah Waterfall” Pua Data Menuju Destinasi Kepariwisataan

WAJAHBATAM.ID – Payakumbuh | Jorong Pua Data Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota dulu sangat terkenal dengan tambang emas Manggani. Selain mempunyai tambang emas, Jorong Pua Data juga memiliki alam yang indah serta tanah yang subur serta pesona alam yang luar biasa.

Salah satu kekayaan alam Pua Data yang belum terjamah adalah air terjun Soghosah Water Fall. Air terjun dengan aliran air yang deras dan dataran yang luas, saat ini di gadang-gadangkan menjadi salah satu Destinasi Wisata alam diantara banyaknya potensi wisata lainnya di Kabupaten Limapuluh kota.

Tonton Videonya https://www.facebook.com/1221020144635747/posts/4955284981209226/

Saat ini kepala Jorong dan masyarakat Pua Data sedang gencar-gencarnya membenahi lingkungan menuju Air Terjun Soghosah melalui wadah kelompok sadar wisata POKDARWIS Soghosah Water Fall.

Meski tidak setinggi air terjun yang ada di dataran tinggi atau kawasan daerah pegunungan, air terjun ini terbukti cukup memikat dan menyajikan kesejukan Nan Alami.

Air terjun setinggi 7 meter ini merupakan sebuah potensi alam yang untuk jangka panjang dicanangkan dapat menunjang perekonomian masyarakat setempat dan merupakan asset negeri Pua Data yang dapat diandalkan.

Dari keteangan yang dihimpun melalui Warga Pua Data, jalan setapak yang dilalui warga selama ini tidak mendukung untuk pengembangan kepariwisataan daerahnya, dan masyarakat mengarapkan sangat berharap banyak kepada pemerintah agar menjadikan kepariwisataan didaerahnya dapat perhatian penuh.

Disamping itu, pemerintah juga dapat memasukkan daerah ini kedalam kalender kerja sebagai salah satu sumber PAD yang juga dapat mendukung program pemerintah secara umumnya.

Saat ini keberadaan Soghosah Water fall belum dieksploitasi sebagai obyek wisata, dan masyarakat akan terus berusaha agar pemerintah dapat menjual kepariwisataan di JORONG Pua Data kedujia luar. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Kepri Untuk Indonesia (KUI) Segera Terbentuk Untuk Peduli Bencana

Satpol PP Batam Sapu Bersih Tumpukan Barang Bekas di Pasar Induk