Hari AIDS Sedunia (1/12), Waspadai AIDS Ditengah Pandemi Covid-19

Batam-WAJAHBATAM.ID – | Peringatan hari Hari AIDS Sedunia, Selasa (1/12/2020) seperti tahun tahun selumnya selalu diperingati masyarakat dunia khususnya kaum muda kita. Para pemuda harus selalu mengingatkan generasi muda bahwa pada hari ini mereka harus memahami bahwa penyakit ini terus mengintai disekitar kita.

Menurut data Kementrian Kesehatan tahun 2012, estimasi orang dengan HIV/AIDS di Indonesia mencapai 630 ribu penderita walau pada tahun 2018 yang lalu terjadi penurunan 543 ribu berita, bukan berarti kita berlega hati dan tidak waspada. Apalagi di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini penanganan HIV/AIDS cukup terhambat bahkan penanganan kesehatan lainnya juga cukup terhambat.

Pahun 2019 lalu, Kementerian Kesehatan bisa melakukan tes khususnya untuk HIV, Sifilis, dan Hepatitis kepada dua juta lebih ibu hamil. “Tahun ini mungkin karena terkendala COVID-19 ibu hamil yang dites baru pada angka 1,7 juta, di mana dari 1,7 juta ini kurang lebih 0,3% nya positif HIV/AIDS“, ungkap dr. Nadia.

Dilansir dari sehatnegeriku..KEMKES.go.Id (30/11/2020), menurut ketua PP Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi dr. Ari Kusuma J, Sp. OG mengatakan untuk mengakhiri HIV/AIDS terdapat 3 ukuran yakni :

1. Zero infeksi baru, pemerintah akan menekan infeksi baru seminimal mungkin tidak ada kasus baru. Ditargetkan sebanyak 90% orang dengan HIV/AIDS mengetahui statusnya

2. Zero kematian akibat HIV/AIDS, hal ini diukur dari 90% orang dengan HIV/AIDS diobati atau menjalani pengobatan ARV.

3.Zero diskriminasi, yakni 90% orang dengan HIV/AIDS tidak merasa terdiskriminasi.

Perlu kesadaran yang tinggi masyarakat untuk membantu pemerintah dan diri mereka agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

*Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Ikatan Pemuda Bugis Nusantara (IPBN) Satukan Tekad Untuk Calon Gubernur Kepri Nomor Urut 2

BP Batam dan Pemprov Kepri Jalin Kerjasama Pengembangan Kawasan Maritim City Pulau Galang