Pemerintah Nyatakan Vaksin Covid-19 Aman & Halal

Jakarta-WAJAHBATAM.ID – |Pemberian Vaksin Covid – 19 yang rencananya akan di berikan secara masal kepada masyarakat Indonesia di bulan Desember ini mendapat kendala di mana pemerintah akhirnya menargetkankan pemakaian vaksin massal covid -19  akan di laksanakan pada minggu ke-3 atau ke-4 bulan Januari 2021.

Disamping itu pemerintah juga menegaskan bahwa vaksin Covid-19  yang rencananya akan di berikan masal kepada rakyat Indonesia adalah aman  dan halal bagi masyarakat. Vaksin yang akan digunakan untuk masyarakat ini adalah vaksin covid-19 yang sudah melalui uji klinis ke-3. Selain itu vaksin yang akan digunakan ini sudah mendapat Otorisasi Pengunaan darurat dari BPOM yang terdaftar di WHO.

Dalam pengembangngan Vaksin, Pemerintah sudah melibatkan para pakar dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk menjamin kehalalan vaksin yang akan di berikan kepada Masyarakat.

“Pemerintah memastikan Vaksin Covid-19 yang diberikan kepada masyarakat adalah vaksin yang aman memiliki efektivitas dan juga halal. Masyarakat harus tahu vaksin yang akan digunakan nanti adalah vaksin yang sudah melewati uji klinis tahap ke-3 dan menerima Emergency Use Of Outhorization (EUA)  dari  Badan POM yang telah terdaftar di WHO.

Vaksin ini di gunakan untuk menumbuhkan imunitas tubuh terhadap Covid-19, demikian peryataan Wiku Adisasmito Juru bicara Satgas penanganan Covid – 19 Indonesia sebagaimana dilansir dari CNN, Jumat (20/11).

Sementara itu, pemberian Vaksin EUA ( Emergency Use Of Outhorization)  yang dikembangkan saat ini belum memenuhi syarat yang di tentukan oleh WHO dan beberapa regulator obat lainnya.
Untuk mendapatkan EUA tersebut harus memenuhi pedoman dan syarat yang sudah disepakati, yaitu minimal ada data menyeluruh dari uji klinis vaksin 1 dan 2 serta hasil data efficacynya harus sebesar 50%. Dengan adanya syarat tersebut pemberian EUA di Indonesia baru terlaksana minggu ke-3 atau ke-4 Januari 2021

Seperti yang di sampaikan oleh Penny K Lukito kepala BPOM-RI bahwa, “Pertama untuk menuju ekspektasi kita kedepan adalah pemberian EUA pada minggu ke-3 dan ke-4 bulan Januari”. Namun uji klinis untuk vaksin akan terus berjalan untuk mendapatkan data data yang akurat, dan badan POM juga terus mengawal” ungkapnya.

*Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Direktorat Pengamanan Aset BP Batam Lakukan Survei Objek Vital Nasional di Lingkungan BP Batam

Dirut PLN Batam Tandatangani Komitmen Integritas Bersama Tiga Mitra Utamanya