Mari Kita Jaga Hutan Demi Ketersediaan Air Untuk Masa Depan

WAJAHBATAM.ID – | Penyedia jasa lingkungan yang alami adalah hutan, karena hutan mampu mengendalikan daur air.
Tidak saja menyediakan air bersih akan tetapi hutan juga bisa mengendalikan banjir dan erosi.
Dimana daun dan ranting pohon berperan sebagai penghalau dalam proses intersepsi air hujan yang turun sehingga dapat mencegah air langsung turun ke tanah.

Serasah tumbuhan yang merupakan bagian yang penting dalam transfer bahan organik dari vegetasi ke dalam tanah
berfungsi untuk mengurangi air limpasan yang bisa berpotensi menimbulkan banjir.

Selain itu hutan juga bisa sebagai Regulator air karena bisa mengatur dan menyokong ketersedian air bisa juga sebagai basis pertahanan bagi setiap daerah dalam ketersediaan air asal kita bisa menjaga hutan tersebut tetap alami dan tidak merusak ekosistemnya maka hutan dapat menyimpan air pada musim hujan dan melepaskannya ada musim kemarau yang biasanya kadar air berkurang.

Hutan menjadi satu hal yang sangat vital terhadap persediaan atau pasokan air bersih bagi manusia. Ia mampu menyaring dan membersihkan air lebih baik dan lebih murah daripada sistem yang diciptakan oleh manusia.

Karena manfaat hutan yang sangat luar biasa inilah maka Badan Pengusahan Batam atau BP Batam melajukan usaha terus menerus untuk melakukan pemantauan dan pengawasan akan hutan yang di lindungi di kota Batam .

Dimana kita ketahui hutan alami atau hutan lindung di Batam ini ada sekitar lebih kurang 40 titik, yang saat ini sudah banyak di bakar, ditebangi dan di perjual belikan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jika hal ini terjadi terus menerus bukan hal yang tidak mungkin akan berpengaruh terhadap ketersedian air baku untuk kota Batam.

Mari kita jaga hutan yang sudah di sediakan oleh Sang Maha Pencipta ini dengan sebaik baiknya jangan bersikap acuh dan tidak peduli dengan hal ini.
Dan jika melihat hal yang mencurigakan atau atau perbuatan ilegal yang dilakukan oleh oknum, cepat laporkan pada pihak berwajib setempat agar cepat di tindak lanjuti.

Menjaga Hutan …Berarti Kita Menjada Sumber Kehidupan Kita yaitu… AIR..

*Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Jadwal Mati Lampu 03 – 05 November 2020

BP Batam Dorong Peningkatan Pelayanan Publik Dalam FGD Pembinaan PPID