PLN Batam Himbau Masyarakat Hemat Listrik

WAJAHBATAM.ID|Di masa sulit Pandemi Covid – 19 yang menlanda dunia tidak terlepas juga Indonesia dan Batam Khususnya, kondisi perekonomian masyarakat juga sangat terdampak. Tidak sedikit masyarakat yang merasa sulit untuk membayar tagihan primer. Salah satunya tagihan listik mereka.

Untuk mengatasi hal tersebut maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam rangka penghematan listik dengan mudah di antaranya :

1.Gunakan Sistem Pulsa

Pengunaan listrik dengan mengunakan pulsa atau prabayar adalah salah satu pilihan yang bijak di mana meteran listrik dengan pulsa menggunakan sistem prabayar, listrik bisa ditentukan sendiri oleh pengguna di awal dan bisa mengatur sendiri berapa dana yang di siapkan untuk tagihan listrik perbulan

2.Cabut kabel atau peralatan saat tidak di gunakan.

Di sadari atau tidak kita terbiasa meninggalkan charger ponse yang terhubung ke stop kontak atau kabel lainnya meskipun tidak digunakan.
Jika hal itu terjadi, maka segera ubah kebiasaan buruk ini.
Karena meskipun tidak digunakan, arus listrik masih tetap mengalir pada kabel-kabel yang masih terhubung dengan stop kontak listrik.
Otomatis listrik yang mengalir itu terbuang sia-sia, kan?

3.Buatlah Ventilasi Udara yang Baik.

Tentu hal ini berkaikan langsung dengan pengunaan AC dan lampu yang bijak di rumah. Apalagi cuaca Batam yang cukup panas hampir masyarakat di sini mengunakannya, tapi dengan pembuatan ventilasi udara yang baik membuat ruangan mendapat udara segar dan cahaya yang masuk dengan maksimal sehingga kita bisa menghemat pemakaian AC, kipas angin, dan lampu.

4.Mamfaatkan pekarangan dengan Menanam Pohon dan Tanaman

Ini juga berkaitan dengan suhu udara yang nantinya akan berimbas kepada penghematan pemakaian alat penyejuk ruangan karena pohon dan tanaman yang di tanam sekeliling rumah selain sebagai hiasan juga akan menghasilan suhu udara yang segar dan iklim sejuk di sekitar rumah sehingga kita tidak membutuhkan AC atau kipas Angin Lainnya.

5.Mengunakan Alat Rumah Tangga dengan Bijak

Peralatan rumah tangga seperti Rice cooker, Dispenser, Setrika otomatis pengatur suhu dan kulkas dengan menurunkan suhu kulkas serta mematikannya jika meninggalkannya. Pastikan juga alat alat tersebut sudah di matikan dengan sempurna di waktu kita tidak mengunakannya.

Dengan kita berhemat dalam pemakaian listrik juga akan berimbas dengan tagihan listrik bulanan yang kita bayar.

Dan Humas PLN Batam juga mengimbau kepada seluruh pelanggan Bright PLN Batam,agar dapat menghemat penggunaan listrik, selain meringankan beban tagihan setiap bulannya juga menjada ketersedian bahan bakar listrik ini sampai anak cucu kita nanti.

*Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Ada Masalah dengan Air? Hubungi Call Centre 150155

Gempar !!! Besok, 31 Oktober Taman Rusa Sekupang Tampilkan 90 Komunitas Batam