Waduk Sungai Harapan Pertama di Batam

Batam- WAJAHBATAM.ID – |Waduk yang di bangun pada tahun 1978 dan mulai beroperasi sekitar tahun 1979, merupakan waduk pertama di batam yang mempunyai luas permukaan 87,64 hektar dan luas genangan sekitar 75 hektar. memiliki volume tampung hingga 3.637.000 m3.

Waduk ini berada di komplek Pengairan Rt 01 / Rw12 Sungai Harapan Kecamatan Sekupang Kota Batam.

Waduk ini di peruntukan memenuhi kebutuhan air baku di wilayah Sekupang, Marina, dan sebagian Tiban.kondisi waduk yang luas, bersih dan terawat tidak lepas dari pengawasan dari Badan Pengusahaan Batam serta kesadaran masyarakat yang berada di sekitar waduk tersebut.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan ketersediaan air baku di waduk Sungai Harapan mencukupi apalagi dengan curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini.
Namun di harapkan masyarakat ikut serta merawat, mengawasi dan menjaga kelestarian daerah tangkapan air dan melaporkan jika ada oknum nakal yang berpotensi merusak lingkungan dia sekitar waduk.

Menurut Badan Pengusahaan Batam diakhir tahun 2020 Kementerian PUPR bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera IV akan melakukan sedimentasi untuk normalisasi kondisi waduk.

*Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Rekrutmen BP Batam Membingungkan, Karyawan ATB Enggan Bergabung

BP Batam dan PT ATB Tinjau Water Treatment Plant Bersama