Upaya BP Batam Mengatasi Kembang Biak Tumbuhan Enceng Gondok

Batam – WAJAHBATAM.ID | Enceng gondok yang menyelimuti beberapa waduk di Kota Batam saat ini perlu menjadi perhatian khusus dalam penanganannya, dimana jenis tumbuhan teratai ini walaupun terlihat terapung namun cukup mengganggu mutu debit air yang menjadi kebutuhan masyarakat Batam.

Untuk penanganan permasalahan ini, BP Batam terus berupaya memikirkan dan mencari jalan agar tumbuhan jenis teratai ini dapat dibersihkan dari waduk-waduk yang ada di Kota Batam khususnya di area Dam Duriangkang yang ditumbuhi hampir 180 hektar enceng gondok.

Upaya pembersihan enceng gondok secara terus menerus dilakukan oleh BP Batam yang bekerja sama dengan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), sejak Juli 2020 lalu dan walaupun masih memiliki 1 mesin (harvester), tim yang sudah dilatih dan memiliki sertifikasi mampu membersihkan sekitar 6000 meter persegi perhari, yang artinya dibutuhkan waktu sekitar 15 bulan Dam Duriangkang baru terbebas dari enceng gondok itu.

Keberadaan tumbuhan enceng gondok diklaim mampu mengurangi pengaruh polutan dalam air. Ini jadi salah unsur yang dapat mengurangi ketersediaan air baku untuk diolah. Walau tumbuhan memiliki zat pengurai BOD (Biological Oxygen Demand) yang mampu mengurai polutan

**ah.sam/sh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pemadaman Listrik Sementara Karena Pemeliharaan Rutin

Ini Cara Ubah Nama Tagihan Meteran Listrik Pelanggan bright PLN Batam