Waduk Duriangkang Suplay 70 Persen Kebutuhan Air di Batam

Batam – WAJAHBATAM.ID | Kota Batam yang memiliki luas total 3,848,97 km² dan di diami penduduk sebanyak 1,329,773 jiwa menurut catatan tahun 2018, menggantungkan penyedian air bersihnya di 6 waduk yang di kelola oleh Badan Pengusahan Batam.

Diantara ke 6 waduk tersebut salah satunya adalah Waduk Duriangkang yang merupakan salah satu waduk yang besar lainnya dalam menyaplai air untuk masyarakat mencapai 70 persen.

Waduk yang mulai di bangun pada tahun 1990 dan mulai beroperasi sekitar tahun 2001 ini merupakan jantung penyedian air untuk Masyarakat Kota Batam.
Adapun waduk Duriangkang ini memiliki Kapasitas sebesar 2.122,53 liter perdetik dan mempunyai voleme 78.180.080 m3, menjadikan waduk ini mendapat perhatian khusus dari pengelolanya yaitu BP Batam.

Dalam pengelolaan waduk Duriangkang ini BP Batam selalu melakukan pengawasan secara kontiniu karena area waduk yang sangat luas sering di gunakan untuk aktivitas masyarakat yang dapat merusak resapan air, seperti berternak, keramba ikan, memancing, berkebun dan penebangan hutan secara ilegal di kawasan tersebut.

Untuk kelestarian itulah maka BP Batam yang merupakan sandaran utama dalam menjaga dan merawat kelestarian waduk waduk yang ada di Kota Batam dapat berdiri sendiri jika masyarakat tidak merasa memiliki dan peduli untuk ikut serta menjaga kelangsungan waduk untuk masa yang akan datang.

*Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BP Batam dengan PT Pelindo I (Persero)

Pemadaman Listrik Sementara Karena Pemeliharaan Rutin