Batam Bijak Gunakan Air !

Batam – WAJAHBATAM.ID | Kekurangan air bersih, saat ini sudah terjadi di berbagai tempat di Indonesia. Semakin lama, semakin banyak sungai, waduk, danau maupun telaga yang mulai mengering, banyak daerah di Indonesia yang mulai merasakan dampak kelangkaan air bersih ini tidak terkecuali Batam yang notabene hanya bergantung pada air Waduk yang di optimalkan menjadi air minum, keperluan rumah tangga dan hotel, di tambah lagi dengan cuaca yang tidak menentu sehingga curah hujan yang turun juga tidak bisa di harapkan sekali untuk ketersedia air ini.

Ketidak menentuan curah hujan di Batam, mengakibatkan menyusutnya waduk-waduk yang merupakan tulang punggung ketersediaan air bersih di Pulau Batam. Hal ini menyebabkan harus dilakukannya pengaturan khusus untuk penyaluran air bersih kepada pelanggan.
BP Batam mengimbau kepada masyarakat dan dunia usaha agar lebih bijak dan hemat dalam penggunaan air bersih sehari-hari.

Oleh karna itu kesadaran masyarakat juga sangat di butuhkan dalam upaya mengunakan air dengan hemat dan bijak, demikian juga, anjuran untuk menjaga sumber air agar tetap lestari dengan menjaganya agar tidak tercemar dengan limbah industri, kegiatan masyarakat, limbah rumah tangga dan lainnya harus tetap dilakukan.

BP Batam tanpa kenal lelah selalu mengajak agar masyarakat Batam untuk bisa bijak dalam mengunakan air dimana pemakaian air bersih di Batam tergolong sangat boros jika dibandingkan dengan rata-rata yang seharusnya, setiap orang di Batam rata-rata memakai air bersih sekitar 200 liter/hari, sedangkan rata-rata yang seharusnya adalah 160 liter/hari.

BP Batam juga menghimbau masyarakat Batam, Ayo mulai..!!! dan secara terus menerus bisa bijak di dalam pengunaan air di mulai dari rumah tangga masing masing seperti:

1.Masak Dengan Air Secukupnya.

Kegiatan memasak adalakah hal rutin yang selalu kita lakukan dalam keseharian dan tidak terlepas dari air, maka perkunakan air untuk memasak tersebut secukupnya baik dalam mencuci bahan – bahan makanan, mencuci dan membilas alat memasak yang sudah di gunakan.sebaiknya sebelum memasak tampunglah air terlebih dahulu dengan ember baru di gunakan dan hindari mengunakan air labgsung dari kran agar tidak banyak air yang terbuang percuma.

2.Mencuci Pakaian Dalam Jumlah Banyak.

Di zaman sekarang sebagian besar rumah tangga sudah melakukan aktivitas mencuci pakaian mengunakan mesin cuci oleh karnanya sebaiknya lakukanlah kegiatan mencuci pakaian ini dengan rentang waktu 2 atau 3 hari sekali karena biasanya mesin cuci menghasilkan banyak limbah air yang terbuang begitu saja.sehingga selain menghemat air juga kita sekaligus menghemat listrik.

3.Tutuplah Kran Air dengan Benar

Hal sepele seperti ini sering kali terabaikan oleh kita terkadang selesai menggosok gigi, mandi dan mencuci kita sering lupa untuk mematikan kran air dengan benar sehingga air pada kran tersebut tetap menetes, biasakan mematikan kran setelah mengunakan dan menghidupkan kembali jika memakainya.

  1. Hindari Mandi Berlama -lama

Mandi berlama-lama memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini juga menjadi salah satu sumber pemborosan air di rumah. Sebaiknya ganti bak mandi dengan shower untuk memhemat pengunaan air dan matikan shower diwaktu kita memakai sabun dan sampo

5.Gunakan Sabun Secukupnya

Mengunakan sabun yang berlebihan di waktu memcuci pakaian, piring atau peralatan rumah tangga lainnya juga merupakan pemborosan air yang tidak kita sadari di mana kita membutuhkah air yang banyak untuk membilas dan membersihkan kembali.

6.Menampung Air Hujan

Peristiwa alam seperti hujan ini juga bisa kita pergunakan dalam rangka penghematan air.
Air hujan yang kita tampung bisa kita gunakan untuk menyiram tanaman atau mebersihan alat alat lainnya sehingga yabg tadinya kita harus mengunakan air dar kran dapat tergantikan dengan air hujan ini.

7.Mencuci Kendaraan dengan Selang yang Bertekanan

Salah satu kegiatan rumahan yang menghabiskan banyak air adalah mencuci kendaraan baik mobil atau motor di rumah.Dan untuk menghematnya kita bisa menggunakan mesin dan selang bertekanan.
Selain bisa menghemat waktu ketika mencuci mobil, alat ini juga disebut dapat menakan penggunaan air hingga 80%.

Demikianlah beberapa kegiatan penghematan air di rumah tangga yang bisa kita lakukan.

Mari kita jaga Kota Batam ini agar terhindar dari krisis air bersih demi kelangsungan hidup kita kini dan masa depan.

  • Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

BP Batam dan PT ATB Telah Sepakat Jamin Kelancaran SPAM di Batam

RSBP Batam Berikan Bantuan Peralatan Kesehatan untuk Masyarakat di Kelurahan Tiban Indah