Sand Trap Trash Rack (STTR) Pengendali Air Bermuatan Sampah Menuju Waduk

Batam – WAJAHBATAM.ID | Tujuan Utama Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) adalah untuk menyaring dan membersihkan air yang tercemar limbah domestik maupun limbah kimia industri. Salah satu jaringan sistem dalam pengawalan kebersihan air di Batam itu adalah dengan melakukan pembangunan sistem penyaringan air yang melalui sungai-sungai atau saluran air yang bermuara kedalam Dam-dam yang ada di Kota Batam.

Sand Trap Trash Rack (STTR) adalah salah satu infrastruktur yang di design dalam jaringan IPAL guna menyaring sampah-sampah yang melalui arus sungai agar tidak langsung terhanyut ke dalam Dam-dam tujuan penampungan air baku.

STTR yang sedang galaknya dibangun BP Batam adalah upaya yang dilakukan agar pasokan air bersih yang mengalir dan tertampung kedalam Dam dapat terawat sebagai kebutuhan utama masyarakat Batam dalam memenuhi kebutuhan airnya.

Adanya STTR juga dapat meningkatkan volume air yang berasal dari limpahan air limbah yang berasal dari rumah tangga, industri hingga air hujan dan disalurkan menuju penampungan air (Dam). Seperti salah satu bangunan STTR 5 yang terletak di kawasan Batam Centre (simpang Kepri Mall). Air hujan dan air limbah lainnya disaring melalui STTR sebelum ke waduk atau Dam Duriangkang. Air buangan dan air hujan yang bermuatan sampah alam, industri dan rumah tangga yang sudah disaring dikembalikan kedalam waduk dan dapat diolah serta digunakan kembali.

Hingga saat ini BP Batam terus berupaya melakukan perawatan enam waduk yang ada di Kota Batam sebagai sarana vital masyarakat Kota Batam dalam kebutuhan air. Dan BP Batam juga menfharapkan kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kelestarian waduk-waduk yang ada di Kota Batam katena sumber air yang terbatas itu adalah untuk kepentingan bersama. *Sh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

PPID BP Batam Ikuti Monev KIP 2020 secara Daring

Keramba Dapat Ancam Persediaan Air Bersih di Batam