Batam Butuh Sumber Air Bersih Untuk Hidup

Batam – WAJAHBATAM.ID|Salah satu kebutuhan pokok manusia yang mendasar adalah air yang bersih sebagai kebutuhan untuk minum, keperluan rumah tangga, Industri, pariwisata dan elemen lainya. Karena itu jangan pernah kita meremehkan tentang ketersediaan air bersih dalam kehidupan kita, jika air tidak ada sengsara akan menghampiri manusia namun jika pengolahan air tidak di tangani dengan baik juga berakibat fatal diantaranya banjir dan air yang tak layak di konsumsipun akan menghadang. Dan inilah salah satu tugas BP Batam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batam

Oleh sebab itu pemerintah Indonesia di setiap daerah mempunyai Badan atau Instansi yang mengatur serta mengolah ketersediaan air dengan permasalahannya agar masyarakat di daerah terhindar dari masalah tersebut.

Selain Pemerintah, masyarakatpun juga mempunyai peranan yang cukup panting agar ketersedian air bersih ini dapat terpenuhi dan kita dapatkan memulainya diri diri kita sendiri dan lingkungan kita agar krisis air bersih ini dapat ditanggulangi. Diantaranya cara penanggulangi krisi air bersih ini adalah :

Hentikan Buang Sampah Sembarangan agar selokan , sungai dan waduk tetap bersih dan tidak tertimbun oleh sampah.

Membuat daerah resapan air

Membuat Biopori yaitu teknologi alternatif dan sederhana untuk penyerapan air hujan selain dengan sumur resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dan didalamnya terbentuk lubang-lubang kecil yang terbentuk karena aktivitas organisme.

Membuat Rainwater Harvesting (Pemanenan Air Hujan) .

Menggalakan gerakan menanam pohon.Menggalakan gerakan hemat air.

Konservasi lahan adalah serangkaian strategi pengaturan untuk mencegah erosi tanah dari permukaan bumi atau terjadi perubahan secara kimiawi atau biologi akibat penggunaan yang berlebihan, salinisasi, pengasaman, atau akibat kontaminasi lainnya. Strategi yang biasanya dipakai, yaitu: pemilihan vegetasi penutup lahan.

Pelestarian Hutan dan Daerah Aliran Sungai

Dengan melakukan hal – hal di atas baik pemerintah dan masyarakat secara bersama sama diharapkan bisa mengatasi krisis ketersediaan air bersih yang layak minum untuk daerah kita bisa teratasi.

  • Ay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Janji Ansar Kasih Motor ke RT/RW itu Pelanggaran Kampanye

Bright PLN Batam Terbuka Dalam Pengaduan Pelanggan